Pola Fungsional


Virginia  Henderson

Dalam melakukan aktivitas sehari hari, individu memulainya dengan bergantung pada orang lain dan belajar untuk mandiri melalui sebuah proses yang disebut pendewasaan. Proses tersebut dipengaruhi oleh pola asuh, lingkungan sekitar dan status kesehatan individu. Dalam melakukan aktivitas sehari hari, individu dapat dikelom pokkan kedalam tiga kategori, yaitu :
1.       Terhambat dalam melakukan aktivit as
2.       Belum mampu melakukan aktivit as
3.       Tidak dapat melakukan aktivitas
Virginia Henderson membagi kebutuhan dasar manusia kedalam 14 komponen berikut :
1.       Bernafas secara normal
2.        makan dan                minum yang cukup
3.       ELiminasi
4.       Bergerak dan mempertahankan postur  yang diinginkan
5.       Tidur dan istirahat
6.       Memilih pakaian yang tepat
7.       Mempertahankan suhu tubuh dalam kisara normal dengan meyesuaikan pakaian yang dikenakan dan memodifikasi lingkungan.
8.       Menjaga kebersihan diri dan penampilan
9.       Menghindari bahaya dari lingkungan dan menghindari membahayakan orang lain.
10.   Berkomunikasi dengan orang lain dalan mengekspresikan emosi, kebutuhan kekhawatiran dan opini.
11.   Beribadah sesuai dengan agama dan kepercayaan
12.   Bekerja sedemikian rupa sebagai modal untuk membiayai kebutuhan hidupnya. 
13.   Bermain atau berpartisipasi dalam berbagai bentuk rekreasi 
14.   Belajar menemukan atau memuaskan rasa ingin tahu yang mengarah pada perkembangan yang normal, kesehatan, dan penggunaan fasilitas kesehatan yang ada. 





Jean  Watson 

Jean Watson membagi kebutuhan dasar manusia jedalan dua perungkat utama, yaitu kebutuhan yang tingkatannya lebih rendah dan kebutuhan yang tingkatannya lebih tinggi. Pemenuhan kebutuhan yang tingkatannya lebih rendah tidak selal membantu upaya kompleks manusia untuk mencapai aktualisasi  diri.  Tiap  kebutuhan  dipandang  dalam  konteksnya  terhadap kebutuhan lain, dan semuanya dianggap penting.
Kebutuhan tingkat yang lebih rendah ke tingkat yang lebih tinggi menurut Jean Watson adalah :
1.   Kebutuhan untuk bertahan hidup
·         Makanan dan minuman
·         Eliminasi
·         ventilasi
2.   Kebutuhan fungsional
·         Aktivitas dan istirahat
·         Seksualitas
3.   Kebutuhan integratif (psikososial)
·         Berprestasi
·         Berafiliasi
4.   Kebutuhan untuk berkembang
·         Aktualisasi Diri










King 

Manusia merupakan individu yang reaktif yang dapat bereaksi terhadap situasi, orang, dan objek tertentu. Sebagai mahkluk yang berorientasi pada waktu, manusia tidak terlepas dari masa lalu dan sekarang yang akan berpengaruh pada masa depannya. Sebagai makhluk sosial, m anusia hidup bersama dengan orang lain dan berinteraksi satu sama lain.
berdasarkan hal tersebut, kebutuhan dasar m anusia dibagi menjadi 3, yaitu :
1.   Kebutuhan akan informasi kesehatan
2.   Kebutuhan akan pencegahan penyakit
3.   Kebutuhan akan perawatan ketika sakit

Martha  E.  Rogers 
Manusia merupakan satu kesatuan yang utuh serta memiliki sifat dan karakter yang berbeda beda satu sama lain. Manusia saling nerinteraksi dengan lingkungan dan saling mempengaruhis atu sama lain. Setiap manusia mempunyai karakteristik dan keunikannya masing masing. K onsep Marta E. Rogers ini dikenal dengan konsep manusia  sebagai  unit.

Johnson
Johnson mengungkapkan pandangannya dengan menggunakan pendekatan sistem perilaku. Dalam pendekatan, individu dipandang sebagai sistem perilaku yang selalu ingin mencapai keseimbangan dan stabilitas, baik dalam lingkungan internal maupun eksternal. Individu juga m emiliki keinginan untuk mengatur dan menyesuaikan dirinya terhadap pengaruh yang timbul.













Sister  Calista  Roy 
Menurut  Roy,     manusia  sebagai  individu  dapat  meningkatkan  kesehatannya  dengan mempertahankan perilaku yang adaptif dan mengubah perilaku maladpatif. Sebagai makhluk biopsikososial,   manusia   selalu   berinteraksi   dengan  lingkungannya.  Untuk  mencapai keseimbangan atau homeostasis, manusia harus beradaptasi dengan perubahan yang terjadi.
Secara ringkas Roy menyatakan    bahwa individus ebagai mahkluh biopsikososialspiritual merupakan satu kesatuan yang utuh, memiliki mekanisme koping untuk beradaptasi dengan perubahan  lingkungan  melalui  interaksi  yang  dilakukan  terhadap  perubahan  lingkungan tersebut.



Abraham  Maslow 
Kebutuhan dasar manusia menurut Abraham Maslow dalam teori hierarki kebutuhan menyatakan bahwa setiap manusia memiliki lima kebutuhan dasar yaitu:

1.       Kebutuhan fisiologis merupakan kebutuhan paling dasar yang memiliki prioritas tertinggi. Kebutuhan fisiologis merupakan hal yang mutlak harus dipenuhi manusia untuk bertahan hidup. Manusia memiliki delapan macam ke butuhan fisiologis, yaitu :
a.       Kebutuhan oksigen dan pertukar an gas
b.       Kebutuhan cairan d an elektrolit
c.       Kebutuhan nutrisi
d.      Kebutuhan eliminasi
e.       Kebutuhan istirahat  dan tidur
f.        Kebutuhan aktivitas
g.       Kebutuhan kesehatan temperatur tubuh
h.       Kebutuhan seksual

2.       Kebutuhan rasa aman dan perlindungan dibagi menjadi perlindungan fisik dan         Perlindungan psikologis
a.       Perlindungan fisik melipti perlindungan atas ancaman terhadap tubuh atau hidup. Ancaman tersebut dapat berupa penyakit, kecelakaan, bahaya dari lingkungan dsb.
b.       Perlindungan psikologis, yaitu perlindungan atas ancaman dari pengalaman yang baru dan asing. Misalnya kekhawatiran yang dialami seseorang ketika masuk sekolah pertama kali karena merasa terancam oleh keharusan untuk berinteraksi dengan orang lain, dsb.

3.       Kebutuhan akan cinta, dicintai dan mencintai Mendambakan kasih saying, ingin dicintai individu/kelompok dan lain sebagainya. K ebutuhan ini meliputi :
a.      Memberi dan menerima kasih sayang
b.     Perasaan dimiliki dan hubungan yang berarti dengan orang lain
c.      Kehangatan
d.     Persahabatan
e.      Mendapat tempat atau diakui dalam keluarga, kelompok serta lingkungan sosial.
4.            Kebutuhan harga diri maupun perasaan dihargai oleh orang lain. Kebutuhan ini terkait dengan keinginan seseorang untuk mendapatkan kekuatan, meraih prestasi, rasa percaya diri, dan kemerdekaan diri. Kebutuhan ini meliputi :
a.      Perasaan tidka bergantung pada orang lain
b.     Kompeten
c.      Penghargaan terhadap diri sendiri dan orang lain
5.            Kebutuhan aktualisasi diri, merupakan kebutuhan tertinggi dalam hierarki Maslow, berupa kebutuhan untuk berkontribusi pada orang lain/lingkungan serta mencapai potensi diri meliputi :
a.      Dapat mengenal diri sendiri dengan baik
b.     Belajar memenuhi kebutuhan diri sendiri
c.      Tidak emosional
d.     Mempunyai dedikasi yang tinggi
e.      Kreatif
f.       Mempunyai kepercayaan diri yang tinggi, dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar